Home » , » 7 ALIRAN MUSIK TREND DI SUKAI REMAJA TAHUN 2016

7 ALIRAN MUSIK TREND DI SUKAI REMAJA TAHUN 2016

KPop
CCRG Remaja-- sahabat muda, yang berjiwa muda pasti menyukai musik, dan pasti mempunyai aliran musik pavoritnya masing-masing. Katanya sih..selera musik atau aliran musik yang disukai seseorang mencerminkan kepribadian orang tersebut... kira2 benar engga ya?.. tapi yang jelas kalo anak muda pasti punya selera musiknya masing-masing. Nah Berikut ini beberapa aliran musik yang populer dan trend di kalangan remaja Indonesia antara lain:

1. K Pop (Korean Pop)

K pop atau yang bisa disebut dengan Korean pop adalah salah satu trend aliran musik yang dibawa dari negara Korea Selatan. Aliran musik dari Korea Selatan sekarang ini memang sangat digandrungi oleh banyak remaja di Indonesia. Aliran Korea pop identik dengan menyanyi diselingi tarian. Tarian yang dibawakan merupakan dance modern. Trend Kpop di Indonesia menjadi sangat populer dikarenakan nilai plus dari penampilan para penyanyi. Kebanyakan aliran lagu Korea pop dibawakan oleh grup yang beranggotakan 3 sampai dengan 10 personel. Biasanya grup yang terdiri dari banyak personel tersebut disebut boyband atau girlband. Dan personel tersebut seluruhnya adalah vokalis. Penampilan yang mereka suguhkan berhasil memukau remaja di Indonesia. Hal itu dikarenakan lagu yang mereka bawakan, penampilan mereka, dan juga tarian yang mereka lakukan.

Trend K pop di Indonesia sangat luar biasa membius para remaja-remaja di Indonesia. Hal itu dikarenakan penampilan dari para personelnya dan juga lagu dan tarian yang mereka tampilkan. Sebenarnya Trend dari Korea Selatan tersebut dapat populer hingga mendunia karena mereka sangat kreatif untuk menciptakan suatu trend dari negaranya dan juga pemasaran yang baik.

2. Genre Reggae

Kata “reggae” diduga berasal dari pengucapan dalam logat Afrika dari kata “ragged” (gerak kagok–seperti hentak badan pada orang yang menari dengan iringan musik ska atau reggae). Irama musik reggae sendiri dipengaruhi elemen musik R&B yang lahir di New Orleans, Soul, Rock, ritmik Afro-Caribean (Calypso, Merengue, Rhumba) dan musik rakyat Jamaika yang disebut Mento, yang kaya dengan irama Afrika. Irama musik yang banyak dianggap menjadi pendahulu reggae adalah Ska dan Rocksteady, bentuk interpretasi musikal R&B yang berkembang di Jamaika yang sarat dengan pengaruh musik Afro-Amerika. Secara teknis dan musikal banyak eksplorasi yang dilakukan musisi Ska, diantaranya cara mengocok gitar secara terbalik (up-strokes) , memberi tekanan nada pada nada lemah (syncopated) dan ketukan drum multi-ritmik yang kompleks.  Reggae sendiri adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan Blues serta folk (lagu rakyat) Jamaika. Gaya sintesis ini jelas menunjukkan keaslian Jamaika dan memasukkan ketukan putus - putus tersendiri, strumming gitar ke arah atas, pola vokal yang ‘berkotbah’ dan lirik yang masih seputar tradisi religius Rastafari . Inilah BandBand ataupun musisi reggae yang populer di Indonesia :

Tony Q Rastafara ( Semarang )
Ras Muhammad ( Jakarta )
Steven And Coconut treezz
Cozy Republic
Shaggy Dog
Asian Roots

3. Death metal

Death metal adalah sebuah sub-genre dari musik heavy metal yang berkembang dari thrash metal pada awal 1980-an. Beberapa ciri khasnya adalah lirik lagu yang bertemakan kekerasan atau kematian, ritme gitar rendah (downtuned rhythm guitars), perkusi yang cepat, dan intensitas dinamis. Vokal biasanya dinyanyikan dengan gerutuan (death grunt) atau geraman maut (death growl). Teknik menyanyi seperti ini juga sering disebut “Cookie Monster vocals”.
Contoh :
Forgotten
Siksa kubur
Beside
Dead Squad
Dajjal
Infamy


4. Genre Rock 

Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.Musik Rock adalah salah satu musik yang aliran lagunya berirama keras.
Macam macam musik rok adalah : 
- Progressiv Rock
- Alternative Rock 
- Hard Rock
- Punk Rock
- Trash Metal
- Grincore 
- Black Metal

5. Hip-Hop

Hip-Hop adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970’an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip Hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri dari MCing (lebih dikenal rapping), DJing, Breakdance, dan Graffiti. Belakangan ini elemen Hip Hop juga diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang, dan gaya hidup lainnya. Awalnya pertumbuhan Hip Hop dimulai dari The Bronx di kota New York dan terus berkembang dengan pesat hingga keseluruh dunia. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Awalnya musik Hip Hop hanya diisi dengan musik dari Disk Jockey dengan membuat fariasi dari putaran disk hingga menghasilkan bunyi-bunyi yang unik. "Rapping" kemudian hadir untuk mengisi vokal dari bunyi-bunyi tersebut. Sedangkan untuk koreografinya, musik tersebut kemudian diisi dengan tarian patah-patah yang dikenal dengan breakdance. Pada perkembangannya Hip Hop juga dianggap sebagai bagian dari seni dan untuk mengekspresikan seni visual muncullah Graffiti sebagai bagaian dari budaya Hip Hop (sumber wikipedia.Org) Contoh musisi dan band beraliran hip hop :

Homicide
Cronio
D Army
Rotra
BSK
Eye Feel Six, dll.


6. Hard Core

Sobat remaja mengenal Hardcore punk (kadang-kadang disebut Hardcore saja) merupakan salah satu subgenre dari punk rock yang berasal dari Amerika Utara dan UK diakhir tahun 1970-an. Sound baru ini yang merupakan ciri khas musiknya secara umum yaitu: suara gitar yang lebih tebal, berat dan cepat dari musik punk rock awal.[1] Tipikal lagu biasanya sangat pendek, cepat dan keras, selalu membawakan lagu tentang politik, kebebasan berpendapat, kekerasan, pengasingan diri dari sosial, straight edge, perang dan tentang sub-kultur hardcore itu sendiri. Hardcore yang penikmatnya tidakmemandang profesi siapa dan darimana asal serta umur orang-orangya ini, awalnya terdiri dari 3 Band yang mendirikannya, pertama yaitu Bad Brain yang menyebarkan aliran Hardcore dengan mengadakan konser–konser disebagian kota, sehingga musik Hardcore dapat dikenal oleh khalayak dan masyarakat luas.kedua yaitu ada Black Flag, mereka membentuk aliran ini dengan merubah aransemen lagu step – step menjadi lebih cepat, sehingga Hardcore mempunyai karakter musik sendiri. Dan ketiga adalah Minor Threat pada Band ini yang membedakan antara musik Punk dan Hardcore dengan menyerukan straight edge pada komunitasnya yaitu dengan mengajak komunitas Hardcore untuk hidup lebih positif karena pada era tahun 1970-an tersebut banyak pemuda yang menyukai aliran punk yang meninggal dunia dengan sia – sia dikarenakan Narkoba.

7. Dandut 

Trend dandut Akademy yang di tayangkan di salah satu stasiun TV, rupanya membawa perubahan terhadap perkembangan musik dandut di Indonesia. Dangdut yang dulunya identik dengan selera orang dewasa dan orang-orang tua jadul, sekarang telah menjadi trend musik yang juga di senangi anak muda. 

Dangdut adalah aliran musik yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena sangat merakyat bagi bangsa Indonesia sejak jaman berdirinya negara Indonesia. Musik dangdut berakar dari musik melayu yang mulai berkembang pada tahun 1940. Irama melayu sangat kental dengan unsur aliran musik dari India dan gabungan dengan irama musik dari Arab. Unsur tabuhan gendang yang merupakan unsur musik India digabungkan dengan unsur cengkok penyanyi dan harmonisasi dengan irama musiknya merupakan suatu ciri khas irama melayu adalah awal mutasi irama melayu ke dangdut.

Sekarang berdasarkan perkembangannya unsur-nusur musik lain telah dikolaborasikan dalam dangdut, hingga menjadi musik dandut pop yang kontemporer modern, menjadi lebih kreatif dan trend khas anak muda banget. Siapa yang tidak kenal Danang dan Resti D'Akademia dandut.. yang sukses mengkolaborasikan unsur-unsur dangdut dengan genre musik lain.

Demikianlah 7 aliran musik yang sedang trend dan disukai anak muda remaja dewasa ini. Mungkin masih banyak aliran musik lainnya yang sobat muda senangi yang belum admint sebutkan, namun setidaknya aliran-aliran diatas mewakili sebagian selera dan trend musik kita para remaja di tahun 2016 ini. Semoga bermanfaat.. th4nks ya.. :)

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.