Home » , » FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN RAMBUT PADA REMAJA

FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN RAMBUT PADA REMAJA

Selamat malam sobat CCRG Remaja-- selamat jumpa lagi dalam artikel yang sangat bermanfaat buat kamu, dalam blog sederhana ini, semoga kalian tidak bosan2nya ngebaca tulisan-tulisan disini, setelah beberapa tips dan cara perawatan diri yang telah kita ulas sebelumnya berikut ini kembali akan kita ulas tentang perawatan rambut dan kepala pada Remaja yaitu mengetahui apa saja faktor penyebab kerusakan rambut pada sebagian remaja. Faktor-faktor itu antara lain :

Secara umum faktor kerusakan rambut pada remaja itu terbagi menjadi dua yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal yang menjadi penyebab kerusakan rambut antara lain :

1. Gaya hidup
Pada sebagian remaja gaya hidup yang tidak sehat seperti cara dan pola makan yang  salah dan tidak teratur, juga jenis makanan yang kurang mengandung nutrisi atau jarang berolah raga sehingga sirkulasi darah tidak lancar terutama sirkulasi darah yang membawa zat-zat pembangun bagi kepala dan rambut.

2. Salah Perlakuan
Banyak menggunakan bahan dan zat dari proses kimia seperti; pewarnaan, pengeritingan, pelurusan (dicatok) dan penggunaan proses kimia rambut yang tidak sesuai aturan dan tidak barengi perawatan yang benar menjadi penyebab rusaknya rambut remaja.

3. Salah Perawatan
Rambut remaja yang salah dalam perawatan seperti; salah memilih sampo, conditioner, creambath masker rambut, produk styling rambut atau juga keramas rambut yang tidak sesuai dengan keadaan kamu, bisa terlalu sering atau jarang keramas. 

4. Kondisi Lingkungan
Kondisi disekitar kamu juga sangat menentukan, seperti misalnya kelembapan dan kebersihan udara yang sangat berpengaruh. Lingkungan atau ruangan yang panas, kotor, dan berdebu, membuat kulit kepala lekas berminyak dan rambut jadi lepek yang pada akhirnya bisa menimbulkan masalah pada kepala dan rambut, seperti ketombe, jerawat atau bisul-bisul kecil.


Faktor Internal

Faktor internal yang menjadi penyebab kerusakan rambut antara lain :

1. Strees dan depresi
Stres atau depresi yang berlarut-larut pada remaja dapat memicu produksi minyak berlebihan di kulit kepala, sehingga menimbulkan berbagai masalah terkait dengan kulit kepala dan rambut, salah satu yang sangat meresahkan kita hal ini dapat menyebabkan rambut rontok.

2. Faktor Hormonal
Pada remaja Perubahan hormon, misalnya saat menginjak usia balik atau ketika menstruasi, dan habis sakit tertentu, bisa memicu perubahan hormon yang salah satunya ditandai dengan rambut yang rontok.

3. Kurang Gizi
Asupan gizi dan makanan yang mengandung nutrisi rambut kepala, seperti zat protein dan vitamin E membuat kulit kepala menjadi sensitif. Untuk rambut berminyak, sering berketombe, disarankan untuk menghindari makanan yang terlalu tajam dan pedas, juga dihindari makanan yang terlalu manis dan berkalori tinggi.

4. Faktor Genetis atau keturunan
Ada sebagian remaja yang memiliki masalah kerusakan dari rambut dan kepalanya karena memang pembawaan sejak lahir. Hal ini karena dipengaruhi faktor genetis dan keturunan dari orang tuanya. Ada yang terlihat rambutnya tipis karena mamang rambut dan penampangnya tipis dan kecil-kecil hal ini terlihat dari keadaan orang tua remaja tersebut.

Demikianlah sobat remaja tentang faktor penyebab kerusakan rambut yang sering terjadi. semoga info ini bermanfaat. Selamat malam, selamat bersantai bersama keluarga atau orang tercinta. semoga hari-hari kamu besok selalu dipenuhi dengan keindahan dan kebahagian. terimkasih. Th4nks..

Baca juga tentang perawatan rambut remaja lainnya di Sini !! atau di Sini !!

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.