Home » , » DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET UNTUK REMAJA MASA KINI

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET UNTUK REMAJA MASA KINI

Remaja_browsing, internet_remaja
Di era milenium ini, dimana semua serba digital. Internet sudah bukan barang baru lagi untuk remaja dan anak muda. Setiap remaja yang ada di Indonesia kecuali yang dipedalaman mungkin, sudah bisa dipastikan pernah mengenal dan berselancar dengan yang namanya internet.

Seperti kita ketahui secara teoritis, Internet adalah Kumpulan jaringan (worldwide collection of networks) yang mengkoneksikan berjuta-juta pelaku bisnis, pemerintahan, institusi pendidikan, individu dsb sehingga bisa saling komunikasi dan bertukar informasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia. Pada era digital sekarang media internet sangat berpengaruh penting dalam berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali kehidupan remaja, karena dengan adanya internet remaja juga dengan mudah mencari informasi yang sifatnya tidak terbatas yang area nya mencakup sistem global, sehingga memungkinkan kita dapat bertukar data, pesan, dokumen dalam hanya hitungan detik dengan situs-situs yang ada di seluruh belahan dunia ini.

Kenyataannya selain berdapak pada perubahan dan kemajuan global, internet secara langsung juga berdampak kepada perkembangan remaja dan anak muda diseluruh dunia. Berikut ini diantaranya dampak positif dan negatif internet untuk remaja dan anak muda :

Dampak Positif Internet (keuntungan)
  1. Media untuk mencari informasi atau data seluruh dunia (Google, Yahoo, Detik, etc).
  2. Media pertukaran data dengan menggunakan email (Gmail, Ymail, Hotmail, etc).
  3. Ikut jejaring komunitas / Community (Friendster, Hi5, Facebook, LiveConnector, etc).
  4. Menulis OnLine / Blog (WordPress, Blogspot, Blogger, etc).
  5. Efisiensi waktu dan biaya (mencari / melamar / mengiklankan pekerjaan, etc).
  6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju lokasi (internet banking, reservasi tiket, reservasi hotel, etc).
  7. Bisa digunakan sebagai lahan informasi yang lengkap dan cepat untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain dari seluruh dunia.
  8. Dapat melahirkan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar.
  9. Dengan bermain OnLine Game di rumah, anak-anak akan lebih sering di rumah.


Dampak Negatif Internet (kerugian)
  1. Terbukanya akses negatif dari informasi dan konten buruk, materi yang berbau pornografi, kekerasan, kebencian, penipuan, perjudian, etc.
  2. Mengurangi sifat sosial manusia dan meningkatkan individulisasi karena kecanduan internet tanpa batasan. (Browsing/Surfing, Community, Bloging, OnLine Game, etc).
  3. Gangguan fisik dan perkembangan mental, seperti kecanduan game on line yang dapat menyita waktu dan hidup kita.
  4. Ancaman kriminalitas yang meningkat melalui lahan cyber dan jejaring sosial, seperti penipuan, dan korban pemerkosaan remaja dari interaksi di FBnya.

Demikian sobat CCRG...dampak positif dan negatif Internet untuk remaja/ anak muda masa kini, semoga bermanfaat..th4nks.

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.