Home » , » 7 TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT BEGADANG MALAM

7 TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT BEGADANG MALAM

Sobat--ccrg-- bagi kamu yang senang beraktivitas malam hari, mungkin begadang merupakan sebuah rutinitas biasa. Beragam aktivitas yang kita lakukan seperti belajar hingga larut malam, bikin tugas scholl, atau sekedar maen game sama teman-teman malam mingguan, merupakan aktivitas berat yang cukup menguras tenaga di tubuh kita. Bagi sebagian orang yang tidak biasa begadang mungkin sangat menyulitkan, yang berimbas pada penurunan vitalitas dan gangguan kesehatan tubuh. Nah berikut ini ada beberapa tips buat kamu yang senang bergadang malam supaya terhindar dari masalah kesehatan tersebut :

1. Hindari Angin Malam
Angin malam bisa menusuk tulang dan bisa membuat masuk angin. jika Anda begadang diluar ruangan sebaiknya gunakan jaket tebal sehingga terhindar dari Angin malam.

2. Minum Air Putih dan Madu
Minum Air putih dan madu sangat membantu menjaga stamina saat begadang.

3. Makanlah makanan yang sehat
Makanan sehat untuk Anda yang begadang malam adalah buah-buahan dan sayur-sayuran, hindari makanan-makanan berat yang memaksa kerja lambung Anda seperti makan daging, nasi dalam jumlah yang banyak.

4. Olah raga ringan
Terlalu serius dengan kegiatan Anda saat begadang akan mengakibatkan urat-urat syaraf Anda tegang. Lakukanlah olah raga ringan seperti menggerak-gerakkan kepala, pergelangan tangan atau kaki untuk membuat Anda lebih rilex dan kembali fit sebelum melanjutkan tugas-tugas malam Anda.

5. Minum telur setengah matang
Telur setengah matang sangat ampuh mengembalikan stamina yang drop saat begadang. sebelum Anda benar-benar drop sebaiknya minumlah telur setengah matang (sebaiknya gunakan telur ayam kampung).

6. Hindari minum kopi
Bagi Anda yang memang pecandu kopi sebaiknya kurangi minum kopi saat begadang. Kafein dalam kopi kurang baik dikonsumsi secara berlebihan, namun minuman tersebut terbukti cukup efektif menjaga ritme jantung sepanjang malam. tapi jika dalam dosis berlebih bisa membuat jantung kurang sehat.

7. Jangan Langsung Mandi Setelah begadang
Tubuh yang kurang istrahat tentunya panas, Anda bisa bayangkan jika tubuh sedang panas langsung diguyur dengan Air dingin, bisa dipastikan minimal akan terkena flu. Setelah begadang Usahakanlah tidur sebentar (meskipun hanya 1 jam) sebelum Anda Mandi

Nah sobat... Jika kamu mengikuti langkah-langkah di atas besar kemungkinan kesehatan kamu akan tetap terjaga hingga keesokan harinya. Namun gejala umum bagi orang yang jarang begadang malam adalah timbulnya flu ringan, apalagi saat begadang kamu langsung terkena embun malam. Jika flu tersebut menyerang sebaiknya segera obati dengan obat flu alami yang bagus sebelum pergi ke dokter. (Baca Juga Obat Alami untuk flu.)

Source : http://www.kompasiana.com/

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.