Home » , » KONSEP YIN DAN YANG UNTUK REMAJA

KONSEP YIN DAN YANG UNTUK REMAJA

Dalam filosofi Cina, konsep Yin-Yang biasanya di daerah barat atau eropa disebut Yin dan Yang. Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan sifat kekuatan atau energi yang saling berhubungan dan berlawanan di dunia ini dan bagaimana mereka saling membangun satu sama lain. Konsep tersebut didasarkan pada asal muasal dari banyaknya cabang ilmu pengetahuan klasik dah filosofi Cina serta dapat digunakan sebagai pedoman pengobatan Cina dan menjadi prinsip dari seni bela diri yang ada di Cina, sebagai contoh Baguazhang, Taijiquan (Tai Chi), dan qigong (Chi Kung) dan ramalan Ching yang masih digunakan hingga sekarang.

Yin dan Yang saling berlawanan dalam interaksi dengan dunia yang lebih luas dan sebagai bagian dari sistem yang dinamis. Semua hal memiliki kedua aspek tersebut yakni Yin dan Yang, tapi tidak setiap aspek tersebut memiliki perwujudan yang jelas pada objek dan mungkin pasang surut atau mengalir dari waktu ke waktu. Konsep Yin dan Yang sering dilambangkan dengan berbagai bentuk yang bervariasi dari simbol Taijitu, yang mana lebih umum dikenal pada kebudayaan barat. Sumber

Apa yang muncul di benak Anda ketika mendengar istilah Yin & Yang? Sebuah simbol menarik yang sering digunakan dalam tato dan perhiasan? Sebuah istilah yang berfungsi untuk menggambarkan kutub yang berlawanan? Atau film kungfu tahun 80an, yang banyak dibintangi oleh Bruce Lee?

Semua hal di atas mungkin saja benar. Makna hubungan antara Yin & Yang telah membentang lebih dari 2000 tahun lalu dan merupakan inti dari pengobatan Tiongkok, dan juga ilmu Feng Shui.

Ada banyak catatan tertulis tentang Yin & Yang yang dapat ditelusuri sejak Dinasti Yin (sekitar 1400-1100 SM) dan Dinasti Zhou Barat (1100-771 SM). Yin & Yang adalah dasar dari Zhou Yi (Kitab Perubahan). Yin & Yang menjadi populer selama Periode "Musim Semi dan Gugur" (770-476 SM) dan zaman "Kerajaan-kerajaan Berperang" (475-221 SM).

Sementara hukum Yin & Yang dapat menjelaskan cara kerja alam semesta dan menjadi pembahasan sibuk banyak filsuf selama ratusan tahun, namun saya lebih tertarik pada bagaimana pengobatan Tiongkok menggunakan Yin & Yang untuk mendiagnosa dan mengobati penyakit.

Yin & Yang merupakan bagian dari 8 unsur dasar yang dibuat oleh Zhang Zhong Jing (张仲景) (150-219 AD). Yin adalah unsur dingin,  interior, kekurangan dan darah. Sedangkan Yang berkaitan dengan panas, eksterior, kelebihan dan Qi. Semua gejala dan kondisi tubuh dapat dijelaskan dalam 8 unsur dasar ini. Misalnya: orang tua yang menderita edema pada kaki akan merasa dingin dan tidak berenergi, ini adalah kondisi Yin. Orang ini tidak memiliki Yang, sehingga pengobatannya adalah dengan ramuan dan akupunktur yang fokus pada pemanasan dan menambah unsur Yang.

Demam, kemerahan, kegelisahan bisa digolongkan sebagai mempunyai unsur Yang yang berlebih. Pengobatan kedokteran Barat akan mengobati dengan cairan dan obat anti-piretik, yang semuanya adalah unsur bersifat Yin. Dalam pengobatan tradisional Tiongkok kita menggunakan bekam, akupunktur dan formula herbal untuk mendinginkan darah, menghilangkan racun dan panas yang berlebihan.

Peyembuhan akan terjadi jika tubuh berhasil kembali kedalam keseimbangan Yin & Yang yang ideal.

Ini adalah dua contoh jelas dari ketidak-seimbangan Yin & Yang. Namun pada kenyataannya, kebanyakan penyakit memiliki campuran gejala yang ada unsur dasar Yin & Yang: misalnya pada diabetes. Seorang penderita diabetes mungkin merasa dingin dan kram di kaki, tetapi pada waktu yang sama juga mengalami haus yang ekstrim karena panas internal dan kekeringan. Rumus untuk pasien seperti ini akan berisi sejumlah herbal yang menurunkan panas internal, menghasilkan cairan untuk menghilangkan dahaga, dan juga menghapus stagnasi dingin di kaki. Untungnya penyakit klasik seperti ini, berserta gangguan penyakit lainnya telah didokumentasikan, diuji selama ratusan tahun dan contoh hasilnya  banyak tersedia saat ini. (Estelle Abbas).

Demikian Penjelasan tentang konsep  Yin dan Yang,  semoga bermanfaat, makacih ya.. 

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.