Home » » KARAKTER KEPRIBADIAN REMAJA DARI TIPE GOLONGAN DARAH

KARAKTER KEPRIBADIAN REMAJA DARI TIPE GOLONGAN DARAH

Karakter kepribadian Remaja dari Tipe Golongan Darah
Sebuah penelitian tentang kepribadian dan karakter seseorang dengan melihat tipe golongan darahnya yang populer di jepang, menyimpulkan bahwa masing-masing tipe golongan darah kamu ternyata mempunyai ciri-ciri tertentu yang sangat menentukan bagi karakter dan perkembangan kepribadian sobat. Ini terkait juga dengan kemampuan pergaulan sobat dengan lingkungan dan teman-teman yang lain.

Setelah bergoogling ria, keliling-keliling sampai kepelosok-pelosok sudut "jaring jelajah jember" alias website yang ada di dunia maya, aku menemukan beberapa tulisan yang menarik yang mengulas tentang tipe golongan darah ini, udah banyak memang yang menulisnya tapi beda-beda gaya sudut pandangnya dan terliaht kurang lengkap, jadi engga salahnya kita sare/bagi lagi di sini dengan merangkumnya lebih lengkap sesuai sumber penelitiannya yaitu di Jepang sono. Ini dapat kita lihat sebagai berikut :

TIPE GOLONGAN DARAH A

Orang dengan darah tipe A memiliki kekuatan yang berakar yang membantu mereka tetap tenang dalam krisis ketika semua orang panik. Namun, mereka cenderung menghindari konfrontasi, dan merasa sangat tidak nyaman di dekat orang. Tipe pemalu, mereka mencari keharmonisan dan sangat sopan, tapi semua merasa yang sama bahwa mereka tidak pernah benar-benar cocok dengan orang lain.
Karakternya sangat bertanggung jawab. Jika ada pekerjaan yang harus dilakukan, mereka lebih memilih untuk mengurus sendiri. Mereka termasuk orang-orang mendambakan kesuksesan dan perfeksionis. Mereka juga sangat kreatif dan paling artistik dari semua tipe darah, kemungkinan besar karena sensitivitas mereka.
Orang dengan golongan darah A juga cenderung dianggap klasik “tipe” A mudah stres.

Rincian Sifat Golongan Darah A

Orang yang bergolongan darah A mempunyai Sikap lembut, tapi dalam mengambil keputusan nampak tegas. Suka mengalah dan juga ringan tangan.

* Pemalu
Pada umumnya orang yg memiliki golongan darah A sedikit pemalu. Itu sebabnya untuk bisa masuk lingkungan pergaulan butuh waktu beradaptasi cukup lama.

* Suka Membantu
Suka membantu siapa aja yg lagi kesusahan, walaupun orang yg ditolongnya baru pertama kali dijumpainya, alias belum dikenal.
Bahkan terkadang sifat sosialnya itu agak diluar batas kewajaran sebagai manusia. Hanya akan memberikan pertolongan berdasarkan perasaan hati nurani alias gak perlu diminta. Justru pada orang yg terang-terangan meminta padanya, dia amat gak suka.

* Gak Gampang Emosi
Orang punya golongan darah A termasuk yg gak mudah emosi. Meskipun perasaan sebenarnya tersinggung, tapi gak diperlihatkannya. Kecuali kalo dianggapnya udah keterlaluan banget, emosinya bisa gak terkendali.

* Suka Ngedumel
Tapi namanya juga manusia, tetap punya kelemahan. Kalo udah merasa cape dalam mengerjakan sesuatu suka ngedumel / cuap2.

* Ceplas-Ceplos
Bicaranya ceplas-ceplos, tanpa peduli pada perasaan orang lain. Pada orang yg jelas-jelas gak disukainya terlalu diperlihatkan. Boro-boro mau ngobrol, dekat-dekat aja gak mau.



TIPE GOLONGAN DARAH B

Orang dengan darah tipe B berkarakter paling. Mereka adalah spesialis dalam apa saja yang mereka lakukan. Ketika mereka memulai sebuah proyek, mereka menghabiskan waktu lebih, memahami dan mencoba mengikuti petunjuk dari orang lain sepanjang mungkin. Ketika mereka melakukan sesuatu, semua perhatian difokuskan padanya. Mereka cenderung menempel pada tujuan dan mengikutinya hingga akhir, meskipun tampaknya tidak mungkin.
Mereka cenderung kurang koperatif, karena mereka suka mengikuti aturan mereka sendiri dan ide-ide mereka sendiri. Mereka adalah individualis. Tipe B orang memperhatikan pikiran mereka sedikit lebih dari perasaan mereka, dan karena itu kadang-kadang dapat terlihat dingin dan serius.
Orang dengan darah tipe B sering dianggap lebih santai, dan tidak konvensional daripada jenis lainnya, walaupun tidak harus sampai ke tingkat yang tidak dapat diterima.


Rincian Sifat Golongan darah B

Orang punya golongan darah B Otaknya cerdas, sifatnya periang dan rasa humornya tinggi. Demen banget ngobrol, bahkan kalo udah ketemu orang yg dianggapnya cocok, betah ngobrol sampai berjam-jam lamanya.

* Mudah Bergaul
Orang yg memiliki golongan darah B termasuk orang yg mudah bergaul. Sahabatnya ada di mana-mana.

* Optimis dan Berpendirian Keras
Sikapnya selalu optimis dan kalo udah mengambil keputusan, sulit sekali diubah. Pendiriannya yg keras itulah yg menjadikannya sering meraih sukses. Apa yg dicita-citakannya selalu tercapai.

* Hurang Berhati-hati
Kelemahan dari orang yg memiliki golongan darah B adalah kurang hati-hati. Suka pamer dan suka dipuji.

* Bicara Gak Terkontrol
Bicaranya terkadang seperti gak pakai kontrol. Gak jarang sering membuat lawan bicaranya tersinggung.


TIPE GOLONGAN DARAH O

Orang dengan golongan darah O orang yang terbuka, energik dan sosial. Mereka yang paling fleksibel dibandingkan dengan semua golongan darah. Mereka mudah memulai proyek tetapi sering mengalami kesulitan berikutnya karena mereka mudah menyerah. Mereka bertingkah dan tidak terlalu dapat diandalkan. Jenis O selalu mengatakan apa yang ada di pikiran mereka. Mereka menghargai pendapat orang lain dan suka menjadi pusat perhatian. Juga, orang dengan darah O sangat percaya diri. Tipe O , paling “rata-rata” jenis darah, dianggap sebagai jenis yang terbaik di Jepang.


Rincian Sifat Golongan darah O

Orang punya golongan darah O pada umumnya mempunyai rasa percaya diri yang oke. Pendiriannya kuat dan gak mudah goyah. Apa yg udah jadi keputusannya, gak bisa diubah dengan bujuk rayu.

* Mengambil Keputusan dengan Matang
Gak menutup kemungkinan keputusannya itu bisa diubahnya, hanya dengan teori serta didukung alasan kuat dan masuk akal. Tapi jangan khawatir atau ragu dengan keputusan yg diambilnya. Soalnya, setiap keputusan yg diambil itu merupakan hasil pemikirannya yg matang.

* Sikap Bijaksana
Mengingat orang yg memiliki golongan darah O ini bijaksana. Sikap bijaksananya itulah yg membawanya gak mudah terpengaruh pada lingkungan pergaulan yg buruk.

* Gak Sembarangan Bergaul
Orang yg memiliki golongan darah O lebih suka gak punya teman, ketimbang harus masuk lingkungan pergaulan yg buruk. Seperti pepatah mengatakan, tak ada gading yg tak retak. Begitu juga dengan orang yg memiliki golongan darah O ini!

* Keras Kepala dan Gak Suka Mengalah
Kelemahannya, keras kepala dan terkadang pandangannya agak konvensional. Gak suka mengalah. Dalam perdebatan misalnya, meskipun udah tau kalo pendapatnya itu salah, tapi tetap gak sudi mengakuinya.


TIPE GOLONGAN DARAH AB
Orang dengan golongan darah AB sulit untuk dikategorikan. Mereka dapat memiliki karakteristik di kedua ujung spektrum pada waktu yang sama. Misalnya, mereka bisa pemalu dan bisa  tiba-tiba sebaliknya. Mereka dengan mudah beralih dari satu berlawanan dengan yang lain. AB orang yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab, tetapi tidak dapat menangani terlalu banyak ketika diminta dari mereka. Mereka tidak keberatan membantu, asalkan pada kondisi mereka sendiri bersedia. Orang dengan tipe darah ini tertarik dalam seni dan metafisika.
AB dianggap sebagai tipe darah terburuk di Jepang. Mereka dapat prediktabilitas-mencintai, mereka meriam longgar. Mereka ingin mengekspresikan kondisi mereka sendiri dan memiliki sifat untuk lari dari persoalan. Mereka hengkang dari pekerjaan ketika terdapat hal-hal tidak memenuhi harapan mereka. Mereka dikenal sensitif dan ingin mendapat perhatian untuk mengimbangi kekurangan dari jenis darahnya. Untuk sementara, beberapa perusahaan mencoba membagi karyawan mereka ke dalam kelompok kerja berdasarkan golongan darah, dan tak seorang pun ingin bekerja dengan kelompok AB.


Rincian Sifat Golongan darah AB

Orang yg di dalam tubuhnya mengalir golongan darah AB punya watak yg lain dari yg lain.

* Sulit Ditebak
Kalo boleh disebut, perangainya yg istimewa merupakan gabungan watak atau sifat golongan darah A dan B. Begitu istimewanya, sampai-sampai isi hatinya sulit sekali ditebak, apalagi jalan pikirannya.

* Mudah Bergaul dan Suka Dipuji
Kalo dari kulitnya, penampilannya sehari-hari misalnya, lebih condong ke orang yg memiliki golongan darah B, seperti mudah bergaul, selalu optimis dan pendiriannya keras serta suka dipuji.

* Suka Mengalah dan Murah Hati
Sedangkan untuk hatinya cenderung ke golongan darah A. Suka mengalah dan murah hati. Bahkan teman-teman dekatnya pun sering menyebutnya sebagai manusia aneh. Habis wataknya bisa berubah 180 derajat hanya dalam waktu sekian menit.
Misalnya lagi marah, tiba-tiba dia bisa tertawa terbahak-bahak. Begitu juga kalo lagi santai misalnya, bisa aja tiba-tiba dia jadi sedih.

Karakter khas Masing-masing Tipe Golongan Darah berdasarkan urutan peringkat kecendrungan.
Sobat yang paling gampang ngaret soal waktu
1.B (karena nyantai terus)
2.O (karena flamboyan)
3.AB (karena gampang ganti program)
4.A (karena gagal dalam disiplin)

Yang paling susah mentolerir kesalahan orang :
1.A (karena perfeksionis dan narsismenya terlalu besar)
2.B (karena easy going tapi juga easy judging)
3.AB (karena asal beda)
4.O (easy judging tapi juga easy pardoning)

Yang paling bisa dipercaya :
1.A (karena konsisten dan taat hukum)
2.O (demi menjaga balance)
3.B (demi menjaga kenikmatan hidup)
4.AB (mudah ganti frame of reference)

Yang paling disukai untuk jadi teman :
1.O (orangnya sportif)
2.A (selalu on time, disiplin waktu dan persis)
3.AB (kreatif, inovatif)
4.B (tergantung mood)

Kebalikannya, teman yang paling tidak disukai:
1.B (egois, easy come easy go, maunya sendiri)
2.AB (double standard)
3.A (terlalu taat dan scrupulous)
4.O (sulit mengalah)


Kemampuan Otak 

Yang paling mudah tersesat
1.B
2.A
3.O
4.AB

Yang paling banyak meraih medali di olimpiade olah raga:
1.O (jago olah raga)
2.A (persis dan matematis)
3.B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Kebanyakan atlet judo, renang dan gulat bergolongan B)
4.AB (alergi pada setiap jenis olah raga).

Yang paling banyak jadi direktur dan pemimpin
1.O (karena berjiwa leadership dan problem-solver)
2.A (karena berpribadi “tekun” dan teliti)
3.B (karena sensitif dan mudah ambil keputusan)
4.AB (karena kreatif dan suka ambil resiko)

Yang jadi PM jepang rata-rata bergolongan darah
1.O (berjiwa pemimpin)

Mahasiswa Tokyo Universitas pada umumnya bergolongan  darah : B

Yang paling gampang nabung :
1.A (suka menghitung bunga bank)
2.O (suka melihat prospek)
3.AB (menabung karena punya proyek)
4. B (baru menabung kalau punya uang banyak)

Yang paling kuat ingatannya
1.O
2.AB
3.A
4.B

Yang paling cocok jadi MC :
1.A (kaya planner berjalan pinter ngocol dan rajin cuap-cuap)


Kesehatan

Yang paling panjang umur :
1.O (gak gampang stress, antibodynya paling joss!)
2.A (hidup teratur)
3.B (mudah cari kompensasi stress)
4.AB (amburadul)

Yang paling gampang gendut
1.O (nafsu makan besar, makannya cepet lagi)
2.B (makannya lama, nambah terus, dan lagi suka makanan enak)
3.A (hanya makan apa yang ada di piring, terpengaruh program diet)
4.AB (Makan tergantung mood, mudah kena anoressia)

Paling gampang digigit nyamuk :
1.O (darahnya manis)

Yang paling gampang flu/demam/batuk/ pilek
1.A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular)
2.AB (lemah thd hyangiene)
3.O (makan apa saja enak atau nggak enak)
4.B (makan, tidur nggak teratur)

Apa yang dibuat pada acara makan-makan di sebuah pesta :
1.O (banyak ngambil protein hewani, pokoknya daging)
2.A (ngambil yang berimbang. 4 sehat 5 sempurna)
3.B (suka ambil makanan yang banyak kandungan airnya spt soup, soto, bakso dsb)
4.AB (hobby mencicipi semua masakan, “aji mumpung”)

Yang paling cepat botak :
1.O
2.B
3.A
4.AB

Yang tidurnya paling nyenyak dan susah dibangunkan :
1.B (tetap mendengkur meski ada Tsunami)
2.AB (jika lagi mood, sleeping is everything)
3.A (tidur harus 8 jam sehari, sesuai hukum)
4.O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan)

Yang paling cepat tertidur
1.B (paling mudah ngantuk, bahkan sambil berdiripun bisa tertidur)
2.O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk)
3.AB (tergantung kehendak)
4.A (tergantung aturan dan orario)

Penyakit yang mudah menyerang :
1.A (stress, majenun/linglung, Galau tingkat tinggi)
2.B (lemah terhadap virus influenza, paru-paru)
3.O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut)
4.AB (kanker dan serangan jantung, mudah kaget)

Apa yang perlu dianjurkan agar tetap sehat :
1.A (karena terlalu perfeksionis maka santailah sekali-kali, gak usah terlalu tegang dan serius)
2.B (karena terlalu susah berkonsentrasi, sekali-kali perlu serius sedikit, berkonsentrasi, main catur)
3.O (karena daya konsentrasi tinggi, maka perlu juga mengobrol santai, jalan-jalan)
4.AB (karena gampang capek, maka perlu cari kegiatan yang menyenangkan dan bikin lega).

Yang paling sering kecelakaan lalu lintas (berdasarkan data di kepolisian lalu lintas)
1.A
2.B
3.O
4.AB

Berdasarkan Tipe Golongan Darah tersebut, kecendrungan dari masing-masing tipe memang relatif, tetapi terdapat hal-hal yang dominan dimiliki masing-masing golongan. Di jepang tes tertentu dilakukan untuk kegiatan penerimaan dan rekruitmen pegawai dan karyawan perusahaan untuk menentukan posisi apa yang cocok untuk ditempati seseorang.

Demikian tentang kepribadian dan karakter seseorang remaja dengan melihat tipe golongan darahnya, kira-kira menurut kamu cocok engga dengan pribadi kamu, ok sob.. semoga bermanfaat. th4nks.

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.