Home » » 10 TIPS UNTUK REMAJA AGAR TETAP SEHAT DAN CERAH CERIA

10 TIPS UNTUK REMAJA AGAR TETAP SEHAT DAN CERAH CERIA

olahraga Danbell, remaja putri berolah raga
Usia kita yang remaja merupakan masa-masa penting dan usia emas produktif yang sangat menyenangkan bagi yang pernah mengalaminya. Seseorang bisa lebih produktif dan melakukan berbagai hal pada usia tersebut. Belajar, bekerja setiap hari, atau bepergian berpetualang kemanapun tidak akan merasa cepat capek maupun lelah. Mereka seakan sedikit sekali yang peduli tentang kesehatan tubuh yang dimilikinya. Padahal menurut pengalaman orang tua yang sudah-sudah, lama kelamaan jika tubuh dibiarkan semaunya tanpa dirawat, dimasa tua kita akan menderita berbagai penyakit.  Berbagai kebiasaan burukpun seakan menjadi hal yang biasa bagi para remaja pada masa sekarang ini. Karena itu mulailah dari sekarang untuk peduli dengan tubuh kita. 
Sahabat, ccrg. Sebagian besar remaja berpikiran bahwa berbagai penyakit akan datang menyerangnya, jika usia mereka sudah menginjak masa tua. Anggapan tersebut sebenarnya salah besar, karena ada bermacam-macam penyakit bisa mengancam tubuh saat usia remaja sekalipun. Tips kesehatan kali ini akan memberikan beberapa tips tetap sehat saat seseorang menginjak usia remaja. Berikut ini tips-tips agar kita tetap sehat di usia remaja atau muda :
  1. Stop Menjemur Tubuh Di Terik Matahari. Matahari pagi tentu sangat baik untuk kesehatan tulang anda. Namun, jangan membiasakan diri terpapar sinar matahari saat siang hari tanpa tabir surya. Karena pada siang hari matahari mengandung muatan sinar UV yang tinggi dapat menjadi pemicu berbagai masalah penyakit kulit, misalnya penyakit kanker kulit dan lainnya yang bisa menyerang tubuh anda.
  2. Penuhi Asupan Kalsium Dan Vitamin D Harian Anda. Kedua nutrisi tersebut untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosi yang bisa menyerang para remaja. Sumber vitamin D yaitu sinar mentari dipagi hari serta aneka sayuran yang bewarna hijau.
  3. Konsumsi Asam Lemak Omega 3. Stroke maupun penyakit jantung lainnya di usia remaja bisa di cegah dengan mengkonsumsi aneka makanan yang mengandung asam lemak omega 3. Sumber asam lemak omega 3 yaitu pada ikan salmon, tuna maupun makarel.
  4. Mulai Beraktivitas Sehat. Aktivitas sehat yang dimaksud yaitu rajin berolahraga secara teratur serta menjauhi berbagai kebiasaan tidak menyehatkan seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Ini untuk menghindarkan para remaja dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa menyerang tubuhnya.
  5. Mengolahragakan Otak Anda. Jenis olahraga yang baik untuk kesehatan otak yaitu dengan mengisi teka-teki silang maupun rajim membaca berbagai buku yang anda sukai. Ini unuk mencegah penyakit alzheimer atau kepikunan dini yang melanda para remaja.
  6. Jaga Berat Badan Tetap Ideal. Ini dikarenakan, para remaja selalu mengkonsumsi berbagai makanan tanpa memperdulikan pertambahan berat badannya. Kegemukan atau obesitas dapat memicu tubuh mudah terserang berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan lainnya.
  7. Kontrol Pola Makan Anda. Mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalori cukup tinggi di tambah kurangnya aktivitas berolahraga yang cukup, dapat berdampak buruk bagi kualitas kesehatan tubuh anda. Penyakit diabetes tipe 2 merupakan jenis penyakit yang bisa menyerang seorang remaja yang tidak mengontrol  pola makan dan jarang berolahraga.
  8. Perbanyak minum air putih, terutama ketika siang hari karena air putih sangat membantu terhadap metabolisme tubuh, minum air putih sekurang-kurangnya 1 liter per hari mengindarkan kita dari kekurangan cairan (dehidrasi) yang dapat melemahkan badan kita ketika sedang belajar dan bekerja. Minum air putih juga diyakini dapat membuat kulit lebih bersih, bercahaya terlihat segar dan
  9. Hindari lingkungan yang mengalami polusi asap dan udara, terutama polusi dari asap rokok dari orang-orang perokok yang ada dilingkungan kita. Mulai sekarang biasakan menjaga dan memeliharan pernafasan kita, karena kualitas udara yang kita hirup sangat bepengaruh terhadap perkembangan semua anggota tubuh, baik tubuh secara fisik dari luar maupun anggota tubuh dalam jaringan dalam seperti otak, asap rokok dapat mempengaruhi kualitas dan kemampuan otak kita.
  10. Menjaga kebersihan badan secara keseluruhan, perawatan yang utama seperti mandi minimal 2 kali sehari bahkan lebih sangat diperlukan, ada kalanya kita harus meningkatkan kualitas mandi untuk membersihkan kotoran tubuh dengan lebih intens. Gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit kita, agar didapatkan hasil mandi yang baik sekaligus mampu membantu meningkatkan penampilan kita.
Demikian tips untuk kita para remaja agar tetap sehat dan cerah ceria, semoga bermanfaat buat kamu, th4nks. dari http://citraremajagaul.blogspot.com/

Sumber: http://intips-kesehatan.blogspot.com/,  dengan sedikit perubahan dan penambahan.

0 komentar:

Posting Komentar


Diberdayakan oleh Blogger.