CERPEN PATAH HATI : SENJA KELABU

Senja Kelabu : Cerpen Karangan: FikaLiv

Aku 22 tahun. Dan gadis itu 20 tahun.
Gadis itu akan berdiri di pinggir jembatan Sungai Gamping tepat pada pukul lima sore. Kedua tangannya mencengkram erat pembatas jalan, seolah-olah ia membutuhkan pegangan untuk berpijak. Sekian detik berlalu, namun tak kutemui gerakan dari gadis itu. Ia tetap diam, menatap lurus langit barat yang berhiaskan warna jingga. Deru kendaraan yang berlalu-lalang di belakangnya sama sekali tak ia hiraukan. Seolah ia hanya sendiri disana, dengan dunia yang ia ciptakan sendiri. Tanpa gadis itu sadari, dunia khayalnya itulah yang membuatnya seperti ini. Menutup diri dari hiruk-pikuk kehidupan. Menjelma menjadi manusia hidup namun diam layaknya patung.

Aku mendesah tak kentara. Setengah jam sudah aku duduk di warung tenda di seberang jalan. Sialnya, aku hanya bisa mengamati gadis itu tanpa bisa menjamah dunia khayalnya. Jika diperbolehkan, aku ingin menemaninya melepas senja. Syukur-syukur bisa menyeruak ke dalam dunianya. Sayangnya, aku tak berhak akan itu. Karena sedari awal aku sudah mensugesti diriku untuk tak mencampuri urusan gadis itu. Aku hanya harus mengantarnya melepas senja. Ya, itu saja. Namun terasa menyakitkan bagiku.

“Mas, itu temannya ngapain? Dari seminggu yang lalu kok berdiri di pinggir jembatan terus?”
“Tak apa”.
Sesingkat itu jawabanku pada sang pemilik warung. Kulihat pemilik warung tersebut mencebikkan bibir tanda tak puas dengan jawabanku. Biarlah. Aku tak berniat menceritakannya pada siapapun. Lagipula, apa yang harus kuceritakan.
Ya. Sudah sejak seminggu yang lalu aku menemani gadis itu disini. Ah, lebih tepatnya mengantarkannya. Sebab gadis itu memintaku untuk membiarkannya sendiri di pinggir jembatan.
“Aku ingin sendiri.”
Itu yang dikatakannya ketika aku mengutarakan niatku untuk menemaninya di pinggir jembatan. Setidaknya hanya sekedar berdiri, tak mengapa. Namun sekali lagi, ia melarangku. Jujur, aku tak tega membiarkannya tersuruk di dalam sepi. Namun apa boleh buat jika itu yang diinginkannya.

Aku menyesap kopi yang tersisa di cangkirku. Setelah memberikan sejumlah uang kepada pemilik warung, aku beranjak berdiri. Jam sudah menunjukkan pukul 6 petang. Matahari sudah tergelincir di ujung barat. Meniggalkan semburat jingga yang mulai terlihat samar-samar karena tertutup oleh gelapnya langit menjelang malam.

Aku harus segera membawa gadis itu pulang sebelum dinginnya malam membuatnya menggigil. Kakiku melangkah menyeberangi jalan. Kini aku telah berdiri di sampingnya. Meskipun wajahnya tertutup oleh rambut panjangnya yang tergerai, namun aku tahu fokusnya tertuju pada bantaran sungai, entah apa yang diamatinya. Sepertinya gadis ini belum menyadari keberadaanku.
“Ayo pulang…” suaraku tertelan oleh gemuruh arus sungai. Namun cukup terdengar oleh telinga gadis di sampingku.
Gadis itu menoleh. Hatiku mencelos ketika mendapati wajahnya yang tampak pucat. Sorot matanya yang biasanya berbinar kini berubah redup. Yang kukira tatapan rindu kini berubah sendu.
“Dia pasti kembali, bukan?”
Pertanyaan yang sama seperti enam hari terakhir dan di waktu yang sama pula. Pukul enam petang menit ke lima detik ke empat. Dan jawaban yang kuberikan tetap sama. Seulas senyum tipis yang kuharap mampu menenangkannya.

Tangan kananku merengkuh pundaknya yang tampak rapuh. Gadis itu diam, menurut, saat aku menggiringnya menuju tempat dimana motorku terparkir. Aku naik ke atas motor matic warna putih milikku. Sekali lagi, gadis itu menatap langit barat yang sudah sepenuhnya berubah gelap. Kudengar helaan napas berat dari gadis itu. Ia menatapku, mengisyaratkan agar aku memperbolehkannya untuk tinggal sebentar lagi. Namun aku menggeleng dengan senyum hangat yang terpetak di bibirku. Aku menggedikkan daguku ke jok belakang. Gadis itu memberengut, namun akhirnya menurut.

Gadis itu adalah juniorku sewaktu kuliah. Kami sama-sama mengambil jurusan Psikologi. Kami berdua begitu dekat. Tampak seperti kakak dan adik. Aku tahu banyak tentang dia. Apa kebiasaannya, apa yang dia suka dan tak ia suka, bahkan aku tahu siapa kekasihnya. Pria berumur duapuluhtiga tahun dari Fakultas Tekhnik Geologi. Keduanya sudah menjalin hubungan selama dua tahun. Gadis itu sangat mencintai kekasihnya. Ia yakin bahwa pria itu akan menjadi pelabuhan terakhirnya. Seperti itu harapan orang-orang yang percaya akan cinta sejati. Hingga suatu hari, tepatnya seminggu yang lalu, pria tadi meninggalkan gadisnya di pinggir jembatan Sungai Gamping. Aku menyaksikan sendiri bagaimana hancurnya gadis itu ketika sosok yang ia cintai melenggang pergi meninggalkannya sendirian di pinggir jembatan. Membiarkannya menangis miris di bawah langit senja. Aku menghampiri gadis itu, mengusap pelan lengannya, berusaha meyakinkan bahwa semua akan baik-baik saja.
“Aku berjanji akan menunggunya disini hingga ia kembali.” Ikrarnya pada langit senja.
Dalam hati aku berjanji untuk mengembalikan binar di kedua matanya.

Aku 27 tahun. Dan gadis itu 25 tahun.
Lima tahun berlalu dan rutinitas masih terus berlanjut. Sama seperti lima tahun terakhir, gadis itu akan berdiri di pinggir jembatan Sungai Gamping tepat pukul lima sore. Sejak dua tahun yang lalu, gadis itu sering mengenakan pakaian serba hitam. Aku tak mengerti mengapa. Mungkin hitam menggambarkan suasana hatinya yang selalu kelabu.
Aku tetap setia mengantar gadis itu dan menuggunya hingga matahari kembali keperaduan. Tak ada alasan untuk meninggalkannya. Tak ada alasan pula untuk tetap bertahan di sampingnya. Bisa saja aku berhenti menemaninya dan menggeluti pekerjaanku sebagai seorang Psikolog. Aku sendiri tak mengerti mengapa aku memilih bertahan. Padahal semua yang kulakukan tak ada untungnya bagiku. Mungkin karena aku kasihan pada gadis itu. Atau mungkin karena dia juniorku sewaktu kuliah. Atau justru karena- Ah, lupakan.

Kini warung tenda yang biasa kusinggahi sudah pindah entah kemana. Semenjak saat itu, aku memilih duduk di atas motor sembari mangamati gadis itu yang termenung di pinggir jembatan. Aku menyulut putung rok*k. Kuhisap dalam-dalam lantas menghembusannya perlahan. Asap rok*k membumbung di depanku, menciptakan aroma tak sedap yang mengganggu indra penciumanku. Belakangan ini pikiranku dipenuhi oleh pertanyaan-pertanyaan yang tak kuketahui jawabannya. Ini semua disebabkan oleh kebersamaanku bersama gadis itu yang terasa tak lagi sama. Ada yang berbeda ketika aku memboncengnya, ketika tangan mungilnya melingkari perutku dan ketika aku menatap jauh ke dalam matanya. Akhirnya aku lari pada rok*k. Berharap rok*k bisa sedikit menenangkanku.

Langit berubah mendung. Sekian detik kemudian air berjatuhan dari langit. Tak terduga, hujan deras melanda tiba-tiba. Aku membuang puntung rok*kku dan segera mengambil payung yang kusimpan di jok dalam motor. Tanpa berpikir panjang aku berlari menyeberangi jalan menuju gadis itu. Karena aku yakin sekalipun hujan tak kunjung berhenti, gadis itu akan tetap berdiri disana hingga matahari benar-benar tenggelam. Aku merutuki pendiriannya yang justru bisa membuatnya jatuh sakit.

“Sampai kapan kamu akan terus seperti in?” tanyaku sembari memayungi dirinya dan juga diriku.
Gadis itu bungkam, tak menjawab. Aku mendesah kasar atas keterdiamannya.
“Dengar…”
Aku memutar tubuhnya menghadapku. Kupegang erat bahunya dan kutatap lembut kedua matanya.
“Dia mungkin lupa dengan janjinya untuk kembali. Jadi kumohon berhentilah untuk menunggunya. Kau hanya menyiksa dirimu sendiri.”
Gadis itu menggeleng. Tatapan matanya tampak kosong. Lingkaran hitam terlukis di kantung matanya. Oh, betapa mengenaskan keadaan gadis itu.
“Dia pasti kembali.”

Setelah berkata demikian, gadis itu kembali menatap langit barat. Eloknya semburat jingga tertutup oleh awan mendung yang mendominasi. Lagi-lagi gadis itu tampak asyik dengan dunianya sendiri. Mungkin saja ia tengah mengenang kebersamaan bersama kekasihnya di masa lalu. Huh, ini membuatku cemburu. Tunggu, apa tadi yang kubilang? Cemburu?
“Mungkin takdirmu bukan bersama orang yang selalu kamu tunggu. Tapi bersama orang yang selalu menunggumu.”
Aku tak mengerti benar apa yang aku ucapkan. Yang jelas kalimat itu meluncur bebas dari bibirku tanpa kukomando. Mungkin inilah jawaban atas berbagai pertanyaan yang menghantuiku. Maafkan aku yang tak bisa mempertahankan predikat ‘Kakak-Adik’ yang terlanjur melekat pada kita, ujarku dalam hati.
Gadis itu menoleh. Tetap dengan tatapan kosongnya. Tampak tak ada riak sama sekali di wajahnya.
“Berhentilah menunggunya. Lihat aku. Aku yang selalu mencintaimu.”
Aku mencintai gadis itu. Ya, itulah satu-satunya jawaban yang tepat.
Di bawah langit senja, aku mengutarakan perasaanku. Berharap rasa itu tak hanya sekedar menjadi milikku.
“Aku…”
Dalam sekejap matanya yang tampak redup, berbinar bahagia. Namun sayangnya bukan aku yang menciptakan binar di kedua matanya. Bagaikan tersambar petir, gadis itu langsung berlari menubruk tubuh pria yang entah sejak kapan berdiri di belakangku
“Kau kembali…”
Dengarlah, nada suaranya terdengar bahagia. Seolah beban berton-ton telah terangkat dari pundaknya.
“Maaf telah membuatmu menunggu terlalu lama.”

Pukul enam petang menit ke lima detik ke empat. Tak ada ada lagi pertanyaan itu. Sebab kini pertanyaan yang selalu gadis itu tanyakan terjawab sudah. Penantiannya berujung indah. Pria itu datang lagi. Menuntut kembali cintanya yang belum terselesaikan. Tampak lupa jika ia pernah mencampakkan gadisnya.
Inilah jawaban yang sesungguhnya. Aku harus rela melepaskan gadis itu, bahkan sebelum aku sempat memilikinya. Ini adalah akhir kisah yang kunikmati alurnya, namun kubenci akhirnya.

Di bawah guyuran hujan, aku meratapi senja yang berubah kelabu. Selayaknya hatiku yang menangis pilu.

Cerpen Karangan: FikaLiv
Facebook: Livia Musfika

CERPEN : I MISS YOU

I Miss You
Oleh : Darsy Triaini

Senja. Siluet orange membuat sepasang mata ini enggan memalingkannya. Senja. Semilir angin sepoi-sepoi membuat hati ini damai. Di kota ini Aku selalu menunggu kabar seseorang nan jauh di sana. Aku berharap ia kan cepat kembali. Namun Aku risau. Sudah lima bulan ini. Ia tak mengirimkan kabar.
Apa yang terjadi di sana? Kenapa tak ada kabar? Apakah ia merindukan Aku? Seperti hati ini yang selalu merindukannya? Mungkinkah ia melupakan Aku? atau jangan-jangan ada seseorang yang menggantikan posisiku? Entahlah. Pertanyaan-pertanyaan itu membuat Aku semakin gila.

“Ega… apa yang kau lalukan?”
“Hehehe… lagi liat bulan kak”
“Akhir-akhir ini kau membuat kakak khawatir. Terlihat sangat mengerikan. Kau kenapa, ga?”
“Aku gak pa-pa kak”
“Jangan bohongi kakak. Apa ada masalah dengan pangeran mu?”
“Emmm kakak mau kemana lagi malam ini?”
“Jangan mengalihkan pembicaraan. Jawab dulu pertanyaan kakak tadi”
“Aaagh… kurasa kakak tau jawabannya”
“Benarkah? Kalo begitu ayo ikut kakak”
“Ke pesta? Aaagh.. aku gak mau kak”
“Udah ikut aja. Buruan ganti”
“Aiiissh… kak Egi kan tau sendiri, kalo Ega gak suka acara kek gituan”
“Jangan bawel. Buruan sana ganti”
Sikap kak Egi tak seperti biasanya. Membuat Aku curiga. Tapi Aku tak berani menolak ajakkannya.
Setelah peristiwa kecelakaan sepuluh tahun silam. Kak Egi. Keluarga satu-satunya yang kumiliki. Semenjak itu kak Egi selalu sibuk dengan status yang disandang. Mengantikan posisi Papa. Dan juga peran sebagai orangtua.

“Wow… pestanya mewah sekali”
“Ssst.. jangan keras-keras Ega”
“Hei… Egi. Kali ini kau datang dengan siapa?”
“Ah.. kau ini jangan berkata begitu. Seolah aku ini playboy di matamu”
“Hehehe… terus yang kemarin kemana?”
“Asma gak bisa menemaniku malam ini. Terpaksa aku menggandeng adikku”
“Heee ini adikmu? Wah… ternyata kau punya adik secantik ini, gi”
“Kenalin, Ega namanya. Ga, ini Ray teman bisnis kakak”
Aku menjabat tangannya. Seraya tersenyum.
“Iya aku Ray. Senang berkenalan denganmu, Ega” kata cowok itu membalas jabatan tanganku.
Melihat pandangan Ray membuatku muak. Kak Egi benar-benar membuatku kesal. Bisa-bisanya ia mengatakan terpaksa membawa Aku ke acara tak penting seperti ini. Asma. Siapa dia? kenapa kak Egi tak pernah cerita? Entahlah. Mungkin kak Egi terlalu sibuk untuk cerita.

Apa-apaan ini?. Kenapa Aku hanya diacuhkan. Aku bagaikan arca hidup mendengarkan obrolan mereka. Menyebalkan. Kebiasaan kak Egi ketika bertemu temannya. Asyik sendiri tanpa mempedulikan Aku.

“Kak Egi, Aku ambil minum dulu”
Kak Egi keterlaluan. Ia hanya Mengangguk tanpa melihat Aku. Mengambil minum hanya alasanku untuk menghindari obrolan mereka yang tak paham dengan topik pembicaraannya. Aku melirik kursi kosong. Tapi posisinya membuat Aku risih. Ya sangat dekat dengan panggung. Aku mengurungkan niat. Semua mata melihat ke depan ketika mendengar master of ceremonies membuka acara.
“Selamat malam para tamu undangan. Terima kasih atas ke hadirannya”
Ia memperkenalkan dirinya. Lalu ia memanggil seseorang. Burhan Wijaya. Siapa itu? Entahlah. Aku tak mengenalnya. Mungkin kak Egi kenal? Setelah dipanggil namanya, lelaki paruh baya naik panggung.
“Terima kasih yang telah hadir di sini. Langsung saja pada intinya. Bahwa malam ini tepat pada ulang tahun Hotel ini saya ingin mengenalkan CEO baru.
Katanya seraya tersenyum bersahaja. Semua bertepuk tangan mendengar ucapan lelaki paruh baya itu.
“Dia baru tiba di kota ini. Oh betapa kejamnya saya langsung menyuruh dia ke acara ini. Hehehe. Baiklah. Mungkin kalian sudah penasaran. Kenzie Wijaya. Ya itulah orang yang akan menggantikan aku”
Kali ini semua hadirin berdiri sambil bertepuk tangan menyambut nama itu. Siapa? Kenzie Wijaya? Apakah dia, Kenzie yang meninggalkan Aku dua tahun silam? Benarkah dia Kenzie? Benarkah dia kembali? Bukankah Kuliahnya belum selasai?. Ini membuat Aku semakin gila.

“Duh.. mana gak keliatan lagi. nih orang-orang duduk kek. Ah mungkin bukan Kenzie yang aku inginkan. Namanya saja sama” Aku berkata dalam hati sambil melangkah melanjutkan niat menuju taman.
Aku tersentak ketika lelaki yang disebut namanya tadi memberikan kata sambutan. Benar. Dia Kenzie yang membuat Aku menahan sesaknya rindu selama ini. Membuat Aku gila menunggu kabarnya. Entahlah. Kenapa Aku menangis melihatnya. Aku lari menuju taman. Aku tak sanggup dengan hati ini yang entah berantah rasanya.

“Terima kasih. Senang rasanya saya bisa berdiri di sini dan menghirup udara di negara ini. Papa terima kasih atas amanah nih semoga saya bisa melakukan dengan baik” Itulah yang ia katakan. Kelihatanya tepuk tangan mengakhiri perkataan dia. Aku sibuk dengan air mata yang tak mau berhenti. Hingga tak menyadari ada orang yang berdiri di sampingku.
“Ehm… hei.. peri kecil lama tak jumpa”
Aku tak menjawab sapaan dia. Aku langsung menghambur memeluknya. Dia tak komentar dengan Sikapku.
“Hei.. kenapa kau menangis?” cemas Kenzie sambil melihat wajah Aku.
Aku hanya mengelengkan kepala sambil mengeratkan pelukan.
“Jangan menangis. Kau membuatku berpikir seperti orang jahat”
“Kau memang jahat. Kau sudah beberapa bulan tak ada kabar. Kau kemana? Apa kau punya peri baru di sana dan melupakan Aku”
“Heee… apa yang kau katakan sayang. Mana mungkin itu kulakukan. Hanya saja, aku semakin ingin bertemu ketika selesai chatting”
“Hiks… Aku merindukanmu”
“Apa kau pikir aku tidak?”
Kata Kenzie sambil mengeratkan pelukkannya.

Tamat

Sumber: Cerpen Darsy Triaini di blog lovebluedarsy08.blogspot.co.id

SYAIR CINTA DI PANTAI SENJA

Cinta dipantai Senja
Senja di pantai ini, meninggalkan jejak dan kenangan masa lalu kita
di bibir pantai telah berhias warna merah, semerah bibir mu
Setiap kata yang kita ucapkan jadi makna cinta 
selamanya mengarungi setiap penjuru waktu

Untukmu kekakasih, senja dipantai cinta
akan kita lawati dengan penuh kesetiaan dan harapan
bukan mimpi terindah yang akan datang disana
tapi surga yang mengembang disetiap perjalanan

Berteman angin dan melodi ombak pantai
pasir putih mengurai jejak-jejak masa lalu 
Bersama camar yang gelisah di sisi hari
disetiap butiran mutiara mengurai rindu untukmu

Kita tunggu mentari terbenam digaris lautan
Kata tunggu burung elang yang pulang kesarang
Di akhir perjalanan ini tangan kita tetap bergandengan
Bersama tawa ceria anak-anak kita yang akan berdatangan. 

* * *
Memori Pantai kuta Bali 2015
Untuk Kekasih Ku "N" di Keabadian
Teriring do'a agar engkau selalu bahagia. 

CERPEN : CINTAKU BERTEPUK SEBELAH TANGAN

Cintaku Bertepuk Sebelah Tangan
Oleh : Alifah

Namaku Ririn, Usiaku..hemm. aku baru kelas 9 SMP aku mencintai seorang pria yang mungkin gak cinta sama aku namanya Rio, cerita cintaku dimulai di sini.

Suatu hari di sekolah ada anak baru cowok ganteng lagi dan kelihatannya dia baik juga, di depan kelas dia memperkenalkan dirinya, setelah itu bu guru mempersilahkannya duduk di sebelahku, tentu aku suka karena saat aku melihatnya aku sudah mulai suka padanya.

Waktu istirahat aku memperkenalkan diriku padanya walaupun aku malu malu.
“Hai, nama gue ririn” Ucapku
“Gue rio” Jawabnya
Kita berbincang bincang dan dia berbicara. “Rin kita kan udah kenal boleh dong gue jadi temen lo?”
“Tentu dong kita temenan..”
“Ok teman..”

Lama kami berteman dan aku mulai merasakan cinta saat di dekatnya, aku mau nyatain perasaanku sama dia tapi aku takut sekaligus malu. Aku tau memang cewek tidak sepantasnya menyatakan cintanya terlebih dahulu tapi yaaa mau gimana lagi.

Suatu hari saat jam istirahat di sekolah aku sedang ngobrol sama rio di kelas dan kami cuma berdua dan aku menyatakan cintaku padanya.
“Rio, gua mau ngomong jujur sama lo” ucapku sambil bergetar
“Mau ngomong apa sih kok kayanya serius banget?”
“Ya ini memang serius, rio sebenernya gua cinta sama lo”
Rio terlihat sangat kaget dan dia hanya diam
“Rio?”
“Iya, maafin gua rin tapi… Gua gak cinta sama lo gua cuma nganggep lo tuh temen biasa aja”
Mendengar itu hati gua sakit banget.
“Maap ya rin.” kata rio
Lalu rio ke luar kelas meninggalkanku sendiri…

Di dalam kelas aku berpikir “Apa ini cintaku bertepuk sebelah tangan? Gua gak percaya… Tapi kenapa selama ini rio kayanya sayang dan cinta sama gua? Gua gak percaya ini terjadi!!!”
Gua nangis di kelas sendirian dan gue langsung ngambil tas lalu aku pulang lewat gerbang belakang sekolah.

Di rumah juga aku ngurung diri di kamar sambil nangis.
“Gua gak boleh gini terus gua harus ngelupain rio” kataku

Setelah kejadian itu gua sama rio gak pernah ngomong bareng lagi dan ya. Gua bisa ngelupain dia dan sekarang juga aku sudah punya pacar yang sungguh cinta sama aku.

Tamat

Cerpen ini Karangan: Alifah
yang di unggah pertama kali memlalui akun Facebooknya Alifah

FUNGSI LDR PACARAN JARAK JAUH - AKU CUMA PUNYA HATI

CCRG-Remaja---Sobat muda dimana saja berada, maksudnya baik yang di dalam negeri, ataupun diluar negeri, terutama kamu yang sekarang lagi ngejalanin pacaran model jarak jauh. Kayaknnya perlu deh menyimak postingan kali ini. 

Iseng-iseng aku buka-buka FB dan nemu gambar di bawah ini, kontan saja aku langsung tertarik, sebuah gambar yang diunggah salah satu temen dari temen, entah temen yang mana dan dari mana aku lupa, yang jelas kenalan di FB aja.. sebenarnya aku sering liat statusnya dia, bawaannya galau mulu.. pasti lagi mikirin dan gelisah buat si diax yang jauh di sana.

Aku ngebayangin gimana rasanya punya pacar yang jauh, pacaran jarak jauh itu katanya enak-enak sakit, enaknya kalo sudah ketemuan melepas rindu jadi luar biasa, sakitnya menahan rindu itu beraaat banget. Apa lagi jika perasaan lagi dalam kondisi negatif, bawaannya was-was mulu..curiga.. dan ketakutan berkepanjangan..jangan2 si dia sudah ada yang lain. Parahnya kalo kita dapat kabar dan bukti nyata bahwa sidia memang mendua..ahh..

Jadi aku pikir, kalo sudah dalam kondisi ini, mending kamu pasrahin aja, kalo sudah terjadi ya terjadilah, itu kalo memang kamu sangat cinta banget sama si doi, bilang aja "Aku cuma punya hati"..hahah..

so... gimana sobat..masih mampu bilang "aku cuma punya hati????"

LEGENDA CINTA TERLARANG - BUAYA PUTIH DANAU TOLIRE MALUKU

CCRG Remaja---Sahabat Remaja, Maluku memang masih sangat terasa kental kebudayaan dan keindahan alamnya, salah satu objek wisatanya yang dikenal adalah danau Tolire. Danau wisata yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota Ternate ini selain mengandung keindahan alammnya, ternyata juga menyimpan sebuah misteri yang menjadi legenda di Kota Ternater.

Danau Tolire berada di bawah kaki Gunung Gamalama, gunung api tertingi di Maluku Utara. Di sisi kanan hamparan tanaman jati emas dan pepohonan Jambulang (buah khas Ternate, Disisi barat, atau di belakang saat menghadap danau, deretan pohon kelapa dan luasnya laut dan sunset sore hari merupakan pemandangan spesial khas Tolire.

Danau Tolire terdiri dari dua buah danau, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Jarak antara keduanya hanya sekitar 200 meter. Uniknya danau Tolire besar sekilas terlihat seperti kuali besar karena dikelilingi tebing2 tinggi dari gunung Gamalama. Danau air tawar ini juga dihuni oleh banyak ikan2 air tawar.

Dahulu kala dilokasi tersebut merupakan sebuah desa/perkampungan. Warga desa tersebut hidup sejahtera dan mempunyai tali persaudaraan yang kuat, sehingga tidaklah aneh jika semua warga didesa tersebut saling mengenal pribadi satu sama lain. Sampai suatu ketika terjadi kejadian yang diluar dugaan. Sebuah hubungan asmara yang tidak seharusnya tidak boleh terjadi, ternyata telah terjadi, hubungan cinta terlarang antara ayah dan anak perempuannya menggemparkan seisi desa dan penduduk di sekitar Danau Tolire.

Hingga sang ayah menghamili anaknya sendiri. Kejadian tersebut akhirnya diketahui masyarakat sekitar dan membuat seluruh warga marah. Mereka mengutuk sang ayah dan anak tersebut dan mengusir mereka dari desa. Karena terpaksa dan merasa malu maka ayah dan anak tersebut pergi meninggalkan desa. Ketika mereka melangkahkan kaki pergi dari desa suatu kejadian aneh terjadi.

Konon katanya seketika tempat mereka (ayah dan anak itu) berpijak terbelah akibat gempa dahsyat secara tiba-tiba. Sang penguasa murka dan menghukum ayah, anak, beserta desa tersebut menjadi dua buah danau. Satu danau besar yang kemudian disebut tolire besar (lamo) yang menggambarkan sang ayah. Satu lagi danau yang lebih kecil yang disebut tolire kecil (ici) yang mencerminkan sang anak.

Sampai sekarang kedua danau tersebut masih ada sampai sekarang. Menurut masyarakat kedalaman danau Tolire tidak terukur

Konon katanya para warga desa tersebut sekarang berubah menjadi buaya putih yang melindungi danau sampai sekarang. Penduduk setempat meyakini danau tersebut dihuni oleh ratusan buaya putih berukuran sekitar 10 meter yang kerap kali menampakkan dirinya. Itu sebabnya mengapa pengunjung dilarang berendam, berenang, bahkan memancing di danau Tolire, karena mereka percaya barang siapa yang mengganggu danau akan menjadi mangsa buaya putih.

Buaya putih hanya bisa dilihat oleh orang2 tertentu yang memiliki hati yang bersih, jadi tidak semua orang bisa melihatnya. Tapi memang ada beberapa wisatawan yang bisa melihat Buaya Putih tersebut.

Pernah suatu ketika seorang perantau dari luar negeri tidak percaya akan adanya legenda tersebut. Dia memaksa untuk berenang di danau tersebut untuk membuktikan kebenaran legenda itu walaupun sudah dilarang warga. Diapun akhirnya berenang di danau dan hilang begitu saja. Warga percaya kalau perantau itu telah dimangsa oleh buaya putih.

Danau ini juga menyimpan keanehan lainnya. Katanya jika kita melempar benda ke danau tersebut sekeras apapun benda tersebut tidak akan pernah menyentuh permukaan danau. Kebanyakan wisatawan yang datang ke danau ini tidak hanya menikmati pemandangan tetapi juga ingin mencoba kebenaran legenda setempat.

Karenanya jika sobat CCRG berkunjung ke sana maka akan menemukan disekeliling danau banyak orang menjual batu kerikil khusus untuk dilempar kedalam danau. Benar saja, tidak ada satu orang pun yang berhasil menyentuh permukaan danau. Batu yang dilempar seperti ditahan oleh kekuatan gravitasi tertentu. Menurut penduduk setempat kekuatan Buaya Putihlah yang menahan batu2 tersebut agar tidak mengenai permukaan danau.

5 ARTIS CANTIK K-POP KOREA INI PERNAH MELAKUKAN SESI PEMOTRETAN DI INDONESIA

CCRG Remaja---Sahabat remaja, kamu tentunya kenal dengan artis-artis K-Pop yang asalnya dari negara korea ini, karena mereka memang sudah ditakdirkan populer dengan keindahan dan kecantikannya. Nah ternyata artis-artis K-Pop ini pernah lho melakukan pemotretan di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung mereka melakukan di tempat-tempat yang indah dan waktu yang mereka jalani pun sangat lama.

Perpaduan kecantikan mereka dan keindahan alam Indonesia sangat mempesona, membuat mata siapa saja yang melihat kontrasnya artis dengan pemandangan alam kita, ini menjadi bangga memiliki tanah yang indah dan subur seperti Indonesia ini.

Berikut ini artis K_Pop yang pernah melakukan Sesi Pemotretan di Indonesia.


1. Hyorin - Sistar


Leader dari girlgrup Sistar ini melakukan pemotretan sekitar awal tahun 2016 lalu. Ia menunjukan pesona sensualnya saat tengah melakukan pemotretan dengan majalah The Celebrity.

Kecantikannya khas Korea pada Kulit Hyorin yang eksotis dan pemandangan Bali yang indah membuat kombinasi sempurna untuk foto-foto tersebut. Hyorin bahkan menyempatkan diri untuk menikmati matahari Bali dengan berjemur.


2. Sulli - Girlgrup f (x)


Mantan personil girlgrup f(x), Sulli, pernah melakukan sesi pemotretan beberapa waktu lalu di Bali. Artis cantik berkulit pucat ini langsung disambut penggemar saat tiba di bandara Ngurah Rai, Bali.

Sulli mengambil beberpa spot foto seperti di tepi pantai dan di pinggir kolam renang. Foto-foto tersebut diambil untuk sebuah majalah pada April tahun lalu.


3. Soyou - Sistar


Menyusul rekannya, Soyou pun melakukan pemotretan di Bali. Berparas cantik dan tubuh indah, Soyou tampil berani untuk memperlihatkan perut seksinya.

Tak hanya itu, Soyou bahkan menyempatkan diri berkunjung ke taman safari dan berfoto bersama burung nuri, ular hingga orangutan. Nampaknya Soyou benar-benar betah di Bali dan menikmatinya dengan sungguh-sungguh.


4. Sunny - SNSD



Setelah sempat menggelar konser di BSD City beberapa waktu lalu, salah satu personilnya yakni Sunny sebelumnya telah melakukan pemotretan dengan majalah SURE. Sunny terlihat seksi dengan menggunakan bikini dan memamerkan bibir eksotisnya.

Pemotretan tersebut disebut-sebut sebagai pemotretan pertamanya sejak ia absen dari pemotretan. Kepada media yang ada di bali Sunny mengaku sangat nyaman saat berada di Bali menikmati sekali dengan wisata indah dan unik yang ada di sini..


5. Hyuna - 4Minute

Selain Sunny, Hyuna juga melakuakan sesi pemotretan di Bali untuk majalah SURE. Hyuna tiba di Indonesia beberapa waktu lalu dan ia mengaku senang mendapat sambutan dari para fansnya di Bali.

Tiba tanggal 28 April lalu, Hyuna disambut hangat oleh para penggemar yang sudah menunggunya selama berjam-jam di bandara Ngurah Rai, Bali. Meski belum melakukan sesi pemotretan, fans tentu penasaran bagaimana hasil pemotretan si seksi ini di Bali.

KUMPULAN KATA-KATA LELAH DAN GALAU MENUNGGU CINTA YANG TAK PASTI

CCRG Remaja--sahabat remaja yang sedang menunggu cinta, yang tidak kunjung di ungkapkannya. Salah satu cara untuk memberinya kode adalah untuk memperbarui status media sosial dengan kata-kata menunggu konfirmasi dari cinta, tentu saja, dengan harapan ia melihat kemudian akhirnya ingin mengungkapkan perasaannya. 

Walaupun sebagian orang berpendapat bahwa cinta itu memang tidak perlu diungkapkan dengan kata-kata tetapi dengan perhatian dan tingkah laku kita, tetapi tahukan bahwa kata-kata cinta walaupun kecil bagai setetes embun di gurun pasir, terasa indah dan menyejukan ketika ia telah menyentuh jiwa kita. Nah sahabat remaja, Berikut ini adalah beberapa contoh kata-kata cinta menunggu kepastian bahwa pasangan Kamu akan menemukannya dan segera mengungkapkan perasaannya kepada Kamu.

Sedih ya, ngarepnya udah lama, lama2 nunggu malah dikecewain

Suatu saat nanti, aku akan ada di titik jenuh. Saat aku lelah memperjuangkanmu, saat aku tak lagi penasaran menunggu pesan singkatmu

Sudah cukup sabar, sudah cukup menunggu, sudah cukup lelah dengan semuanya, dan kinipun aku menyerah tak sanggup lagi kubertahan

Tak ada yang indah dari kepura-puraan. Sebab aku lelah menyembunyikan tangis, di balik tawa
Terkadang aku merasa lelah dengan semua sikapmu, tapi disini aku tetap bertahan.

Teruslah berlari. Tapi jika kau lelah, tengoklah ke belakang. Ada aku yg selalu menantimu

Tuhan, ketika engkau letakkan hatiku, kumohon jangan letakkan pada hati yang salah. Aku lelah bersama mereka yang datang lalu pergi lagi

Cewek itu pantes untuk disayang bukannya dikecewain atau dimainin perasaannya. Kalau gentle ya jangan bikin dia sakit hati

Cewek kalo udah dikecewain emang keseringan gak pake marah. Tapi hatinya yg bener-bener marah sampe akhirnya ngeluarin air mata, Biasanya

Cewek mana sih yg mau terus disakitin, yg mau dikecewain tp msh tetap bertahan & sayang? Bukannya bodoh, tapi dia cewek yg kuat & hebat

Dicuekin aja sakit. Apalagi dibanding-bandingin, dibeda-bedain, ditinggal dan dikecewain

Inginku terus mempertahankan, tapi situasi memaksaku untuk berhenti bertahan. Aku letih, aku lelah

Kalau kamu baca ini aku cuma mau bilang, aku udah lelah berharap berlebihan tapi tidak pernah terwujud

Kalo dikecewain sama seseorang gak usah pake nangis segala. Cukup senyum dan liat kedepannya aja siapa yang akan lebih bahagia

Kalo gak mau dibohongin, jgn suka ngebohongin. Kalo gak mau dikecewain, jgn suka ngecewain. Diginiin sakit loh

Kenapa sih, setiap kali percaya pasti dikecewain, setiap kali bertahan pasti disia-siain, setiap kali bikin janji, pasti dilupain gitu aja

Kepercayaan itu kalo udh dikecewain gak enak rasanya. Contohnya kaya org pacaran aja, kalo udh putus trs nyambung lagi pasti rasanya beda

Ketika aku lelah, aku lebih memilih diam, bukan karna aku tak lagi sayang padamu, melainkan agar kamu memikirkan apa kesalahanmu

Ketika ku lelah dengan sikapmu, aku hanya bisa diam dan mencoba terus untuk dapat bertahan

Mungkin kita harus bertukar diri. Agar kamu tak lelah lg untuk mencoba mengerti, agar aku jg tak lelah lg untuk menjelaskan

Aku ini bukan tempat singgah ketika kamu lelah dan sedih saja, tp aku ingin menjadi tempat singgahmu disaat kau bahagia

Aku lelah harus berpura-pura tidak mencintaimu karena sampai detik ini rasa itu masih ada

Aku lelah sendiri, aku bosan dengan sepi apakah kau mengerti kuingin segera dicintai & menikah.

Kesunyian ini memang terlalu indah, tanpa kehadiran dirimu dan senyuman mu yang selalu membuai anganku.

Demikian kumpulan- kata-kata lelah dan galau menunggu cinta yang tak pasti datangnya, semoga bermanfaat buat sahabat remaja semua yang menunggu sang cinta, paling tidak sekedar pengobat hati yang lelah menunggu cinta kamu yang tak kunjung datang.. Th4nks ya..

INILAH PERBEDAAN PRIA DAN WANITA TENTANG DIRINYA DAN PRIBADINYA

CCRG Remaja---Tentang diri seorang pria atau wanita baik remaja atau orang dewasa, citra diri seseorang tergantung bagaimana sifat dan karakternya sehari-hari. Penampilan dan cara berpakaian pun mencerminkan siapa diri kita sebenarnya. Dalam perilaku sehari-hari terkait dengan kepribadian seseorang ternyata ada perbedaan antara wanita dan pria. Perbedaan yang terjadi karena karakter dan kebutuhan personal, baik yang sifatnya kepentingan sesaat atau yang kodrati. Nah..sahabat CCRG Remaja, seperti yang chenel Kita Muda.com ungkapkan berikut ini beberapa perbedaan yang dapat dilihat dari seorang pria atau laki-laki dengan seorang perempuan atau wanita tersebut :

1. Urusan Buka Jejaring Sosial (Facebook)

2. Tempat Kerja

3. Persiapan Berangkat Kekantor

4. Sudut Pandang Cara Membedakan Warna


5. Kondisi Jiwa dan hati Setelah Putus-Pata hati


6. Persiapan buat Pergi "aCara pesta dll"


7. Memandang diri Ketika sedang Berdermin

8. Yang dilakukan ketika kesalon

9. Sudut Pandang Ketika Memilih Shampo


10. Urusan antri di Toilet

11. Tentang Memilih Baju


12. Yang ada dipikiran ketika melihat seseorang


13. Pembagian Tempat Tidur
Demikianlah tentang bedanya antara cowok dan cewek dalam aktivitas dan perilaku sehari-hari mereka, semoga artikel ini bermanfaat. terimakasih udah berkunjung ke blog CCRG ini.  sekali lagi Th4nks ya...


Sumber Gambar: KitaMuda.com

7 KEAJAIBAN DUNIA YANG WAJIB DI KETAHUI REMAJA

CCRG Remaja--Dunia ini yang diciptakan Tuhan beserta isinya, ternyata penuh dengan hal-hal yang luar biasa. Banyak keajaiban-keajaiban sebagai sebuah anugrah yang maha kuasa untuk kita. Kita sebagai manusia wajib mensukurinya dengan cara menjaga dan memlihara anugrah Tuhan Tersebut. Nah sebagai remaja kita harus tahu juga tentang keajaiban-keajaiban yang ada di dunia ini, agar kita bisa bersukur dan turut menjaga anugrah Tuhan tersebut. Berikut ini adalah 7 keajaiban dunia versi CNN yang di dirilis sejak tahun 2010 dan bertahan hingga akhir tahun 2015 ini, Versi 2016 mungkin masih menjadi pengkajian dan penelitian para petinggi di CNN..seperti berikut ini: 

1. Grand Canyon


Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Presiden Theodore Roosevelt merupakan salah satu pendukung utama wilayah Grand Canyon, mengunjunginya dalam beberapa kesempatan untuk berburu singa gunung dan menikmati pemandangan alam yang luar biasa.



2. Great Barrier Reef/Karang Penghalang Besar



Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar (Great Barrier Reef Marine Park).


3. Mount Everest



Mount Everest adalah gunung tertinggi di dunia (jika diukur dari paras laut). Rabung puncaknya menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet puncaknya berada di Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m. Gunung ini mendapatkan nama bahasa Inggrisnya dari nama Sir George Everest. Nama ini diberikan oleh Sir Andrew Waugh, surveyor-general India berkebangsaan Inggris, penerus Everest. Puncak Everest merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Utama di dunia.



4. Air Terjun Victoria



Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil (1,6 km), dengan ketinggian 128m (420 kaki).

David Livingstone, penjelajah Skotlandia, mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya, “asap menggelegar.” Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan obyek wisata utama di Afrika Selatan.



5. Northern Lights-Aurora Borealis


Salah satu keajaiban dunia adalah Northern Lights atau dikenal juga dengan istilah Aurora Borealis. Kejaiban yang menjadi buah bibir berupa cahaya warna-warni ini terbentuk akibat interaksi lapangan magnetik di Bumi dengan partikel matahari.



6.Volkano Paricutín


Volkano Paricutín, adalah sebuah gunung berapi yang terdapat di negara bagian Michoacan, Meksiko. Sebelum tahun 1943 gunung berapi ini tidak ada, namun tiba-tiba terdapat aktivitas vulkanik yang mengakibatkan orang-orang di sekitar sana mengungsi, gunung muda itu terus bertambah tinggi, dalam sehari menjadi 50 meter dan saat ini aktivitasnya bisa dikatakan berhenti, dan ketinggian gunung mencapai 336 meter.



7. Pelabuhan Rio de Janeiro


Rio de Janeiro (bermakna “Sungai Januari” dalam bahasa Portugis) adalah ibu kota Negara Bagian Rio de Janeiro di Brasil bagian tenggara.Kota ini mempunyai luas sebesar 1.256 km² dan penduduk sekitar 6.150.000 juta jiwa (2004).Sekitar 10 juta orang tinggal di wilayah metropolitan Rio de Janeiro Raya, yang saat ini merupakan kota terbesar keempat di dunia.

Letak pelabuhan Rio De Janeiro sangat unik yaitu tepat berada di ujung muara sungai antara pertemuan laut dan sungai, selain kota pelabuhan kota tersebut juga mempunyai letak dan pemandangan geografis yang sangat indah, Brazil ditemukan dan dijajah oleh portugis pada tahun 1565 sehingga budaya, bahasa, kebiasaan, juga makanan mengacu kepada negara portugal yaitu karena adanya ikatan bathin antara dua negara tersebut.

Demikian sahabat CCRG Remaja 7 keajaiban dunia versi CNN, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita. Selamat malam, th4nks..

Pencarian


Diberdayakan oleh Blogger.